Kapal Alvand milik Angkatan Laut Iran. (Foto: AFP/File)

Teheran: Iran akan mengerahkan kapal perang terbaru ke Samudra Atlantik untuk menjalankan misi selama lima bulan — terpanjang dalam sejarah negara tersebut sejak satu dekade terakhir.

“Angkatan Laut berencana mengerahkan sebuah flotilla ke Samudra Atlantik. Semua hal telah dipersiapkan untuk meluncurkan misi,” lapor Fars, kantor berita yang dinilai dekat dengan militer Iran, Sabtu 5 Januari 2019.

Laksamana Muda Touraj Hassani-Mogadham mengatakan kepada media IRNA pada Jumat kemarin bahwa misi akan dimulai pada tahun baru Iran berikutnya, sekitar akhir Maret mendatang.

Flotilla terbaru Iran akan ditemani kapal perang jenis frigate destroyer Sahand, yang baru saja diumumkan ke publik bulan lalu. Kapal pengangkut Kharg dengan kapasitas 33 ribu ton bahan bakar juga ikut serta dalam misi.

Kharg dan Sahand termasuk jenis kapal terbesar milik AL Iran. Keduanya dapat mengangkut sejumlah helikopter.

Sahand adalah versi canggih dari Jamaran yang dioperasikan AL Iran dalam satu dekade terakhir. Bulan lalu, Laksamana Muda Alireza Sheikhi mengatakan kepada IRNA bahwa Sahand adalah kapal siluman yang mampu menghindari radar.

(WIL)