Petugas bersiaga di area Konsulat Italia di Melbourne, Australia, 9 Januari 2019. (Foto: AFP/WILLIAM WEST)

Canberra: Sejumlah konsulat dan kedutaan besar di Melbourne serta Canberra dievakuasi setelah Kepolisian Australia menemukan beberapa paket mencurigakan. Di Melbourne, paket mencurigakan itu ditemukan di Konsulat Jenderal Inggris dan juga Amerika Serikat.

Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris (FCO) mengatakan paket serupa ditemukan di beberapa konsulat serta kedubes Jerman, India, Selandia Baru, Korea, Yunani, Mesir dan Swiss di Melbourne.

Sementara di ibu kota, Canberra, polisi juga menemukan paket mencurigakan di beberapa konsulat jenderal. Menurut situs Vic Emergency, Brigade Pemadam Kebakaran Metropolitan Melbourne (MFB) telah menerima laporan adanya “material berbahaya” di 16 situs.

“Kami membantu Kepolisian Federal Australia (AFP) menangani sejumlah insiden di Melbourne,” ujar juru bicara brigade, seperti disitat dari laman Sky News, Rabu 9 Januari 2019.

Jubir AFP menyebut, “polisi dan badan layanan darurat sedang merespons paket mencurigakan yang dikirim ke beberapa Kedutaan dan Konsulat di Canberra serta Melbourne hari ini. Insiden ini sedang diselidiki.”

Tim medis dan petugas pemadam terlihat memasuki kedubes Korea dengan mengenakan baju pelindung bahan kimia. Sementara mobil pemadam terlihat terparkir di beberapa konsulat.

Sebagian besar konsulat asing di Australia berada di Jalan St Kilda dan pusat kota.

(WIL)