KPK Bisa Periksa PSSI Andai Hal Ini Terjadi

JawaPos.com – Indonesia Corruption Watch (ICW) buka suara soal kemungkinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut memeriksa PSSI. Menurut mereka, KPK bisa saja turun tangan periksa PSSI andai ada dana negara yang digunakan.

PSSI belakangan memang jadi sorotan tajam publik. Mulai dari kepemimpinan Edy Rahmayadi, hingga soal isu suap pengaturan skor yang terjadi di kompetisi di bawah naungan PSSI.

Kondisi itu disorot oleh ICW. Mereka mendorong kepolisian untuk ikut terlibat karena sejatinya kasus suap bukan merupakan delik aduan.

“KPK juga bisa turun tangan, kalau duitnya dari negara, kalau sponsor tak bisa. Misal penyelenggaraan Asian Games, PSSI dapat dari APBN, kemudian dikorupsi, bisa. Kalau ini kan bukan. Seingat saya, ini korupsi di privat sector,” ungkap aktivis antikorupsi dari ICW, Emerson Yuntho.

Tentu PSSI memiliki potensi soal itu. Namun, ICW menyebut hingga saat ini tak ada yang mencurigakan dan laporan soal penyalahgunaan dana oleh PSSI.

“Memang harus dipilah satu-satu, ada yang dari sponsor atau negara. Sejauh ini belum ada laporan uang negara dikorupsi, tapi tentu ada konflik kepentingan karena kan sekarang ketumnya menjabat sebagai Gubernur Sumut juga,” pungkas Emerson.

(ies/JPC)