Tablet batu Raja Amenhotep I. (Foto: EGYPT MINISTRY OF ANTIQUITIES)

Kairo: Sebuah artefak kuno yang diselundupkan secara ilegal dari Mesir ditemukan di suatu acara lelang di London, Inggris. Mesir pun mencegah penjualan artefak tersebut dan menariknya dari daftar barang lelang.

Kementerian Barang Antik Mesir mengaku sudah mencari artefak tersebut di sejumlah situs pelelangan internasional. Tidak diketahui kapan atau bagaimana artefak tersebut, yakni sebuah lempeng batu Raja Amenhotep I, diselundupkan dari Mesir.

Seperti dilansir dari laman BBC, Rabu 9 Januari 2019, Direktur Jenderal Kementerian Barang Antik Mesir Shaaban Abdel Gawad mengatakan artefak tersebut kini dipamerkan di sebuah museum terbuka Kuil Karnak di kota Luxor. 

Pencarian tablet batu ini melihatkan Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Mesir serta otoritas Inggris. Kedubes Mesir di London mengaku sudah berhasil mendapatkan artefak tersebut sejak September lalu.

Mesir telah meningkatkan upaya menghentikan penyelundupan berbagai artefak dan barang antik lainnya dalam beberapa tahun terakhir. Pemerintah Mesir mengingatkan bahwa pihaknya tidak akan bekerja sama dengan sejumlah museum asing yang memiliki barang selundupan. Kerja sama baru akan dilanjutkan jika barang tersebut dikembalikan.

Sebelumnya pada awal tahun ini, Mesir berencana memamerkan satu-satunya selubung batu dari Piramida Giza di Museum Nasional Skotlandia di Edinburg pada 8 Februari mendatang.

Batu kapur besar tersebut akan dipamerkan kepada publik untuk kali pertama sejak tiba di Skotlandia pada 1872.

(WIL)