Tentara Israel ketika melancarkan serangan. (Foto: AFP)

Tepi Barat: Pasukan Israel melancarkan serangan di Tepi Barat dekat Sungai Yordan pada Kamis 10 Januari kemarin. Mereka juga menahan sedikitnya 15 warga Palestina.

Beberapa kendaraan militer Israel menyerbu beberapa permukiman di Kota Hebron, selatan Tepi Barat. Di wilayah ini juga, tentara Israel menjarah sejumlah rumah dan menahan warga.

Dilansir dari AFP, Jumat 11 Januari 2019, mereka juga menyerbu kota kecil bernama Idhna dan Deir Samet serta menggeledah rumah.

Bentrokan kerap terjadi ketika para warga Palestina berusaha menghalangi jalan tentara Israel dan melemparkan batu serta botol kosong ke arah tentara.

Mereka juga harus berhadapan dengan peluru aktif, peluru logam yang berlapis karet dan gas air mata, sehingga sering menderita luka serius. Tak sedikit pula warga Palestina yang tewas di tangan tentara Israel.

Menurut data statistik Palestina, sebanyak 6.500 orang Palestina masih mendekam di berbagai instalasi tahanan Israel, termasuk sejumlah perempuan dan ratusan anak kecil.

Sementara itu, pasukan Israel menggunakan peluru logam yang dilapisi karet dan gas air mata terhadap warga, menembak dan melukai beberapa orang dengan peluru
karet. Akibatnya, warga Palestina menderita sesak nafas akibat menghirup gas air mata.

(FJR)