Jubir Kemenlu Iran Bahram Ghasemi di Teheran, 2 Oktober 2018. (Foto: AFP/ATTA KENARE)

Teheran: Kelompok militan Taliban Afghanistan berada di Iran untuk berdialog damai dengan sejumlah pejabat senior. Kabar disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Ghasemi, Senin 31 Desember 2018.

“Kemarin, delegasi dari Taliban berada di Teheran dan menggelar negosiasi berdurasi cukup lama dengan Wakil Menlu (Abbas) Aragchi,” tutur Ghasemi, seperti dikutip dari laman AFP.

“Tujuan utama dari negosiasi ini adalah mencari solusi dalam membantu memfasilitasi negosiasi antara beberapa grup di Afghanistan dengan pemerintahannya. Dialog di sini untuk membicarakan negosiasi di Afghanistan,” tambah dia.

Pertemuan di Teheran terjadi beberapa hari usai seorang pejabat Iran mengatakan dialog dengan Taliban telah berlangsung di Afghanistan.

Ali Shamkhani, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Agung Iran, mengatakan kepada awak media mengenai negosiasi tersebut, yang terjadi pada 26 Desember dalam kunjungannya ke Kabul.

“Republik Islam Iran selalu menjadi salah satu pilar utama stabilitas di kawasan. Kerja sama antar kedua negara tentu akan membantu memperbaiki masalah keamanan di Afghanistan saat ini,” sebut Shamkhani.

Pemberontakan Taliban di Afghanistan sudah berlangsung selama lebih kurang 17 tahun. Selama ini Afghanistan selalu berusaha membujuk Taliban agar mau berdialog damai.

Namun Taliban menegaskan tetap kukuh pada pendirian dan tidak mau berdialog langsung dengan pemerintah Afghanistan.

(WIL)