Tim Pelapis Persib Butuh ‘Bantuan’ Febri untuk Kalahkan Tim Liga 3

JawaPos.com – Lakoni laga di kandang PSCS Cilacap, Rabu (5/12), Persib Bandung tak didampingi langsung oleh pelatih kepala Mario Gomez. Yaya Sunarya ditunjuk untuk mendampingi Maung Bandung yang banyak diisi pemain pelapis dalam laga babak 64 besar Piala Indonesia ini.

Tak heran, menghadapi tim dari kasta ketiga Indonesia, Persib kesulitan untuk bisa mendominasi PSCS. Ini jelas bukan laga yang mudah bagi Maung Bandung yang mengandalkan pemain lokal dan sejumlah pemain pelapis.

Praktis hanya Febri Hariyadi yang merupakan pemain reguler starter di kubu Persib. Tak heran, strategi yang diperagakan Maung Bandung di Stadion Wijaya Kusuma pun terkesan Febri-sentris.

Kesempatan emas didapat PSCS pada menit 19. Sebuah tendangan bebas tuan rumah melesat tepat ke arah gawang. Namun Made masih sigap menepis bola dan hanya membuahkan tendangan sudut.

Persib langsung membalas melalui sebuah kesempatan yang sama. Sebuah set pieces di sisi kanan pertahanan Laskar Hiu Selatan nyaris membuahkan gol andaikan tendangan Eka Ramdani tak mengenai mistar gawang.

Di sisa 5 menit babak pertama, tuan rumah mendapat peluang terbaik mereka. Serangan yang dilakukan membuat pertahanan Persib sedikit lengah. Sehingga memberi kesempatan pemain PSCS melakukan tendangan keras. Beruntung, Made masih sigap menghentikan bola yang mengarah ke gawangnya.

Persib akhirnya memecah kebuntuan di awal babak kedua. Melalui sebuah serangan sporadis, Persib membuat pertahanan tuan rumah kelabakan. Memaksa kiper PSCS keluar jauh dari sarangnya.

Hal ini yang dimanfaatkan dengan maksimal oleh Febri Hariyadi. Bola rebound langsung ditendang ke arah gawang yang hanya dijaga pemain PSCS. Persib unggul 1-0.

Tuan rumah tak tinggal diam usai tertinggal dari tamunya. Mereka coba menekan pertahanan melalui serangan balik dengan mengandalkan kecepatan Arbeta. Namun strategi ini kurang berjalan maksimal karena minimnya dukungan dari lini kedua.

Di menit akhir waktu normal, PSCS mendapat peluang melalui set pieces di dekat kotak penalti Persib. Sayang, tendangan Imam hanya melewati mistar gawang Made Wirawan.

Kedudukan 1-0 untuk Persib pun tak berubah hingga akhir laga. Maung Bandung pastikan membawa pulang tiket babak 32 besar Piala Indonesia 2018 ke Bandung. 

PSCS 0-1 Persib
(Febri 49′)

Susunan pemain
PSCS Cilacap: Ahmad, Syaiful, Erdin (Ilham 62′), Daniel (Imam 51′), Zulhairi, Yosi, Sohiron, Ricki, Jemmy, Lucas (M Irvan 85′), Arbeta
Pelatih: Jaya Hartono

Persib Bandung: Made, Henhen, Indra (Mario 90+4′), Sabil, Puja, Agung, Eka Ramdani, Hariono, Febri, Wanggai (Wildan 89′), Airlangga (Muchlis 59′)
Pelatih: Yaya Sunarya

(adw/JPC)